Connect with us

BALAIKOTA

Gubernur Sumsel Bangun Enam Rumah Ibadah Berdampingan

Published

on

Gubernur Sumsel Alex Noerdin.

Sumselraya.com, Palembang – Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin mengatakan, pihaknya saat ini sedang membangun enam rumah ibadah berdampingan dalam kawasan olahraga Jakabaring Palembang.

Rumah ibadah lain agama itu melambangkan kerukunan antar umat beragama di daerah ini sangat kondusif, kata gubernur di Palembang, Jumat (9/3/2018).

Dia mengatakan, pembangunan rumah ibadah seperti antara lain untuk agama Islam, Kristen, Hindu dan Budha itu dengan besaran dana yang sama.

Namun, lanjut dia, ada yang diperbesar dengan dana tambahan dari pemuka agama tersebut.

Lebih lanjut dia mengatakan, pembangunan rumah ibadah dari berbagai agama yang diakui pemerintah itu tidak lain sebagai contoh Sumsel cukup kondusif.

Jadi hubungan antar umat beragama sangat harmonis dan keberadaan tersebut harus selalu dijaga.

Apalagi Sumsel sudah dikenal sebagai daerah tidak ada konflik termasuk antar agama sehingga keberadaan itu harus dijaga bersama, kata dia.

Sehubungan itu pihaknya minta supaya kerukunan antar umat beragama di daerah ini selalu dijaga dan selalu laksanakan koordinasi.

Apalagi Sumsel akan menjadi tuan rumah Asian Games sehingga suasana kondusif harus selalu tercipta, ujar dia.

Bukan itu saja tetapi saat ini sedang tahapan pilkada serentak yang membutuhkan keamanan, kata gubernur, seperti dikutip Antara. (uir)


Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BALAIKOTA

Gubernur Sumsel Tepati Janji Perbaiki Jalan OKU

Published

on

Gubernur Sumsel,Alex Noerdin.

Sumselraya.com, Baturaja – Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin menepati janjinya memperbaiki kerusakan jalan provinsi di Kabupaten Ogan Komering Ulu sepanjang 51 kilometer mulai dari Desa Sukapindah, Kecamatan Kedaton Peninjauan Raya menuju Lubuk Batang.

“Saya sengaja datang ke Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) ini untuk melihat langsung perbaikan jalan tersebut,” kata Alex Noerdin di Baturaja, Kamis (15/3/2018).

Dia mengatakan, total jalan provinsi di Sumsel saat ini adalah sebanyak 1.513 kilometer, dari jumlah itu hanya 30 persen yang kondisinya tidak mantap.

“Yang dimaksud tidak mantap adalah jalannya ada yang rusak berat dan ringan, sedangkan sisanya dalam kondisi baik,” katanya.

Di Kabupaten OKU sendiri kata dia, terdata 51 kilometer jalan provinsi mengalami kerusakan dan semuanya akan diperbaiki pada 2018 ini.

“Total anggaran APBD induk yang disiapkan untuk perbaikan jalan provinsi di OKU ini adalah senilai Rp23 miliar. Nanti saat Anggaran Biaya Tambahan (ABT) 2018 dikucurkan lagi sebanyak Rp50 miliar,” kata dia.

Sementara untuk kegiatan Asian Games 2018 sendiri lanjut dia, selama dua tahun ini Pemprov Sumsel mendapatkan kucuran dana dari pusat senilai Rp68 triliun untuk pembangunan infrastruktur.

“Dana itu digelontorkan selama dua tahun berturut-turut dari 2017-2018. Itu belum termasuk dana dari pihak ketiga,” ungkapnya.

Hasilnya dari dana yang dikucurkan tersebut, selama dua tahun ini Sumsel bisa melakukan pembangunan empat ruas jalan tol, dua Jembatan Musi, dua jembatan layang (fly over), satu rumah sakit tercanggih dan termodern di Indonesia serta daya listrik ditambah air bersih.

Selain itu, meningkatnya daya tampung Bandara SMB II Palembang dari dua juta penumpang pertahun menjadi empat juta pertahun, serta pembangunan LRT (kereta listrik) sepanjang 24 kilometer dari bandara menuju Jakabaring.

“Semua pembangunan itu didanai oleh APBN serta bantuan pihak ketiga. APBD Sumsel hanya dikisaran Rp8 triliun pertahun,” jelasnya.

Dana APBD tersebut hanya sedikit yang digunakan untuk pembebasan lahan terkait Asian Games karena sebagian besar diprioritaskan untuk pendidikan, kesehatan dan membuka lapangan pekerjaan.

Hanya saja Alex mengakui, gara-gara mengejar pembangunan untuk Asian Games yang harus rampung dalam dua tahun, sebagian jalan di Kota Palembang banyak yang mengalami kerusakan, namun semua itu akan segera diperbaiki dalam tempo tiga bulan ke depan.

“Saya jamin Juni 2018 Palembang akan menjadi kota yang cantik. Sebagai buktinya saya mengajak Bupati OKU, Kuryana Azis agar membawa warganya untuk menyaksikan Asian Games di Palembang,” tegasnya.

Sementara Bupati OKU, Kuryana Azis menambahkan jalan lintas provins di wilayah OKU yang segera diperbaiki itu membuktikan komitmen yang nyata dari Gubernur Sumsel untuk menuntaskan program pembangunan insfrastruktur.

“Kami ucapkan terima kasih kepada bapak Gubernur atas kunjungan ke daerah kami,” katanya, seperti dikutip Antara.(edo)


Media Indonesia Raya menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus), dan pengiriman Press Release, melalui email : redindonesiaraya@gmail.com, dan redaksi@indonesiaraya.co.id, atau via wa/SMS : 0878-15557788.

Continue Reading

Trending